logo Kompas.id
UtamaPerbankan dan Adaptasi...
Iklan

Perbankan dan Adaptasi Menghadapi Terjangan Revolusi Industri 4.0

Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/SBgOkseh2BZCGgwmO-ivWnae6hY=/1024x575/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F20190316PRI11HR_1552741965-e1552742078523-6.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Nasabah melakukan transaksi perbankan di BNI Digital Branch Gandaria City, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). Layanan perbankan digital di pusat-pusat perbelanjaan yang tetap buka pada akhir pekan ramai dikunjungi nasabah.

Belum lepas dari ingatan. Satu dekade lalu mayoritas nasabah bank harus mengisi slip untuk menarik dana. Mereka mengantri di depan teller selama beberapa menit, bergantung panjang antrean, baru bisa mendapatkan uang tunai.

Berkat perkembangan teknologi digital, sekarang uang tunai dapat ditarik di anjungan tunai mandiri terdekat. Transfer dana cukup memakai aplikasi perbankan yang terpasang di gawai. Antrian panjang nasabah di bank pun mulai jarang terlihat.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000