logo Kompas.id
UtamaKecerdasan Buatan Dominan...
Iklan

Kecerdasan Buatan Dominan untuk Pacu Nilai Tambah Layanan

Oleh
MEDIANA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Phl_HXwvqoZ9fsGlnQJ9Ww-dxSY=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F65362885.jpg
AP PHOTO/ELAINE THOMPSON

Dua pria menggunakan kacamata penggabung realitas dengan citra olahan komputer, 7 Mei 2018, di Amerika Serikat. Microsoft telah meluncurkan prakarsa kecerdasan buatan 25 juta dollar AS guna menciptakan teknologi pembantu penyandang disabilitas.

JAKARTA, KOMPAS — Pemanfaatan teknologi kecerdasan di Indonesia masih berkutat pada upaya meningkatkan nilai tambah layanan kepada konsumen. Hal ini dianggap wajar karena transformasi industri menuju digital baru dimulai.

Head of Operations International Data Corporation (IDC) Indonesia Mevira Munindra di Jakarta, Selasa (26/3/2019), menggambarkan kondisi di industri jasa keuangan. Perbankan tradisional kini berhadapan langsung dengan perusahaan rintisan bidang teknologi finansial (tekfin) sehingga mau tidak mau bank harus berubah. Beberapa bank nasional, misalnya, mengadopsi teknologi kecerdasan buatan untuk robot percakapan (chatbot) agar meningkatkan proses keterlibatan konsumen.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000