Perkuat Merek dan Nilai Perusahaan, Perbankan Berlomba Fasilitasi Komunitas
Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
·4 menit baca
Selama beberapa tahun terakhir, animo masyarakat untuk hidup sehat dengan rajin berolahraga kian terlihat di berbagai pelosok Tanah Air. Jalan raya arteri di ibu kota Jakarta, misalnya, dipenuhi oleh para pejalan kaki atau pelari setiap acara Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor digelar.
Sejumlah perusahaan keuangan, terutama bank, melihat ada kesempatan yang bisa digali dari kemunculan tren tersebut. Sebut saja ada PT Bank Mandiri Tbk (Persero) melalui Mandiri Jakarta City Marathon 2018, PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) melalui BNI ITB Ultra Marathon 2018, serta PT Bank Maybank Indonesia Tbk melalui Maybank Bali Marathon.
Minat masyarakat untuk berolahraga pun tidak hanya terkungkung pada olahraga lari. Masyarakat mulai mengimplementasi gaya hidup sehat dengan mengeksplorasi jenis olahraga lainnya, seperti bersepeda dan berenang.
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menangkap peluang baru dari tren tersebut. Bank swasta terbesar di Indonesia ini menyelenggarakan BCA Super League Triathlon 2019 pada 23-24 Maret 2019 di Nusa Dua, Bali.
BCA Super League Triathlon 2019 merupakan ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang, yaitu berlari, bersepeda, dan berenang. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 2.500 peserta, dengan peserta kategori triatlon tercatat sebanyak 700 orang dari sejumlah negara.
Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand Wahyudi Hartono mengatakan, tidak hanya sebagai penyedia jasa keuangan, bank kini berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat untuk berinteraksi. ”Bank adalah platform komunitas,” katanya, Sabtu (23/3/2019).
Sebagai sebuah platform, katanya, bank harus mampu mengakomodasi kebutuhan nasabah untuk hidup sehat sekaligus berinteraksi dengan sesama. Bank pun harus mampu menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Tidak hanya sebagai penyedia jasa keuangan, bank kini juga berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat untuk berinteraksi.
Dengan terbatasnya waktu dan lokasi untuk berolahraga, kegiatan atau perlombaan olahraga menjadi salah satu medium bagi masyarakat untuk menyalurkan keinginan untuk hidup sehat.
Sugoro Finardo (44), peserta BCA Super League Triathlon 2019 kategori sprint enduro, menyampaikan, kegiatan atau event olahraga yang diadakan sejumlah perusahaan memberi kesempatan baginya untuk menyalurkan hobinya untuk berolahraga.
”Kegiatan seperti ini bagus karena ada perusahaan yang mendukung hobi kami. Apalagi, orang Indonesia semakin banyak yang suka mengikuti triatlon dan duatlon,” kata Sugoro.
Sugoro adalah seorang pedagang perusahaan bahan baku makanan ternak di Bogor, Jawa Barat. Ia rela menyisihkan dana bersama rekannya ke Bali untuk mengikuti kegiatan BCA Super League Triathlon 2019.
Menurut dia, manfaat positif lain yang dapat diperoleh adalah ia dapat mempererat hubungan dengan teman-teman dari komunitas yang sama. Selain itu, lokasi lomba yang kerap berbeda membuatnya dapat sekaligus berliburan.
Iwan Didin S (30), peserta BCA Super League Triathlon 2019 kategori enduro, menambahkan, kegiatan olahraga turut membantunya untuk menguji kemampuan. ”Acara seperti ini menantang diri sendiri. Saya juga jadi bisa bersaing dengan peserta lainnya,” ucapnya.
Sebagai wiraswasta sebuah usaha kuliner di Surabaya, Jawa Timur, Iwan gemar berolahraga. Iwan sering berlari, berenang, dan juga bersepeda. Kegiatan triatlon menjadi ajang nyata baginya untuk membuktikan konsistensi dalam berlatih.
Strategi perusahaan
Armand melanjutkan, kegiatan olahraga merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menjaga nama korporasi dan merek (brand) di mata nasabah. Walaupun tidak menunjukkan korelasi nyata, kegiatan seperti BCA Super League Triathlon 2019 diyakini dapat menjaring nasabah baru.
Kegiatan olahraga merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menjaga nama korporasi dan merek (brand) di mata nasabah.
“Kami percaya bank adalah penyambung komunitas dan penggerak komunitas. Ketika interaksi komunitas meningkat, otomatis interaksi dunia usaha ikut meningkat,” kata Armand.
Armand melanjutkan, pendekatan terhadap komunitas tidak hanya BCA terapkan kepada para pencinta olahraga lari, renang, dan sepeda. BCA juga turut mendukung Piala Presiden eSports 2019. Adapun Piala Presiden eSports 2019 adalah kompetisi permainan Mobile Legends Bang Bang.
Dalam buku Corporate Community Involvement (Lakin dan Scheuble, 2010) disebutkan, sejumlah perusahaan memiliki strategi untuk berinteraksi dengan komunitas melalui sponsor sosial. Misalnya, perusahaan akan menunjukkan logo di konser besar atau kegiatan olahraga.
Dengan melakukan sponsor sosial, perusahaan dapat mengasosiasikan merek dan menunjukkan kepada konsumen bahwa perusahaan tersebut memiliki jiwa, nilai, dan etika tertentu.
Sugoro sepakat, tren semakin maraknya kegiatan olahraga menunjukkan bank juga ingin dihubungkan dengan citra bahwa bank peduli dengan hidup sehat. Citra tersebut sejalan dengan gaya hidup masyarakat saat ini.