”Ikut Nyoblos, Dapat Diskon 17 Persen”. Cukup dengan menunjukkan jari bertinta sebagai tanda telah ikut Pemilihan Umum 2019, pengunjung Toko Buku Gramedia akan mendapat diskon atas buku terbitan PT Gramedia.
”Pemberian diskon ini sebagai bentuk partisipasi kami agar kalangan yang awalnya memilih untuk golput (golongan putih) menjadi tidak. Kami harap, diskon dapat memberi semangat bagi masyarakat Indonesia untuk memilih,” ujar Customer Service Gramedia Aeon Mall BSD City, Octaria, di Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (16/4/2019).
Meskipun demikian, belum ada brosur atau pamflet yang terlihat di Gramedia. Menurut Octaria, hal itu dilakukan agar tidak ada salah persepsi dari pengunjung sehingga pemasangan dilakukan Rabu besok. Sementara ini, pengumuman diskon disebarkan melalui media sosial.
Pesta diskon ini disambut antusias oleh pemilih muda. Celine, Josephine, dan Christina yang berusia 18 tahun dan baru lulus dari sekolah menengah atas menyambut baik adanya diskon, khususnya diskon buku.
”Kebetulan kami lagi mau beli buku seleksi bersama perguruan tinggi negeri untuk persiapan masuk kuliah. Jadi, besok setelah nyoblos, kami akan ke Gramedia lagi untuk beli buku,” kata Josephine.
Meski demikian, ketiga remaja ini tidak sekadar mencari diskon. Bagi mereka, menjadi bagian dalam penentuan masa depan bangsa jauh lebih penting.
Terlibat langsung
Saat ditanya apa pentingnya memilih, ketiga pemilih pemula itu sepakat menjawab ”penting banget”. Celine menyampaikan, kalau selama ini dirinya hanya dapat menjadi penonton, besok dirinya dapat terlibat langsung dalam menentukan siapa pemimpin ke depan.
Kristina pun menganggap, mencoblos merupakan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. ”Kalau kita mendukung salah satu pasangan capres-cawapres, kita harus gunakan hak kita. Jangan sampai nyesel,” ucapnya.
Selain diskon buku, ada juga harga spesial untuk pembelian boneka Stacko dari harga awal Rp 29.000 menjadi Rp 18.000 per buah. Peralatan untuk petualang yang gemar aktivitas luar ruang dari Consina juga memberikan diskon sebesar 20 persen untuk semua produknya.
Bertajuk ”Bangga! Karena Memilih”, Aeon Mall BSD City juga menghadirkan diskon dari berbagai gerai ritel lain. Setidaknya, ada 17 gerai makanan dan minuman serta 26 gerai sektor lain yang berpartisipasi dalam memberikan diskon untuk pengunjung yang telah mencoblos.
Memang, dalam menyambut Pemilu 2019, sebanyak 250 merek dan jaringan ritel nasional memberikan diskon hingga 50 persen bagi pemilih. Guna menikmati program yang diberi nama ”Klingking Fun” ini, masyarakat cukup menunjukkan bukti sudah memilih, yakni jari yang telah ditandai dengan tinta ungu (Kompas, 16 April 2019).
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman menyebutkan, program ini bertujuan untuk menghilangkan rasa takut masyarakat Indonesia dalam memilih.
”Pesta demokrasi itu menyenangkan. Melalui program ini, kami mendorong pemilih agar tidak golput,” ujar Adhi.
Coblos baru berlibur
Secara terpisah, Senior Vice President Business Development Traveloka Caesar Indra menyampaikan, Traveloka mengajak seluruh pengguna untuk berpartisipasi dalam pemilu sebelum berlibur.
”Sebagai dukungan, kami menghentikan promo tiket pesawat untuk keberangkatan menjelang pemilu dan pada hari-H pemilu, yaitu tanggal 16 dan 17 April 2019,” ujarnya.
Namun, setelah itu, Traveloka membuat promo menarik pada akhir minggu ini khusus bagi pengguna yang berpartisipasi aktif dalam pemilu. Promo yang dihadirkan antara lain produk kupon diskon hotel sampai dengan Rp 1 juta, diskon tiket bioskop 50 persen, diskon aktivitas dan rekreasi sampai dengan Rp 500.000, serta diskon hingga Rp 600.000 untuk paket pesawat dan hotel.
”Kami memanfaatkan platform Traveloka untuk menyuarakan, mengajak, dan mengedukasi seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka. Melalui cara ini, kami harap dapat membantu pemerintah dalam menyuarakan aksi anti-golput,” kata Caesar.