logo Kompas.id
UtamaStrategi
Iklan

Strategi

Tahun lalu, sejumlah toko serba ada berjaringan di Indonesia tutup. Penutupan di beberapa lokasi di kota besar di Pulau Jawa ini diikuti dengan aksi korporasi berikutnya, yakni membuka toko di kota-kota menengah di luar Jawa.

Oleh
DEWI INDRIASTUTI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/wWI5CDc04mEap4w-jIasXCSIuQU=/1024x1339/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F02%2F20190208-HL1-DMS-Pertumbuhan-Ekonomi-PDB-mumed_1549642273.jpg

Tahun lalu, sejumlah toko serba ada berjaringan di Indonesia tutup. Penutupan di beberapa lokasi di kota besar di Pulau Jawa ini diikuti dengan aksi korporasi berikutnya, yakni membuka toko di kota-kota menengah di luar Jawa. Saat itu sempat muncul spekulasi, perusahaan tersebut bangkrut. Namun, spekulasi tak terbukti. Pada akhir tahun, perusahaan induknya membukukan laba.

Beberapa toko serba ada berjaringan di Indonesia, yang kantor pusatnya di luar negeri, juga tutup. Penutupan ini diikuti strategi lain, yakni menambah toko lain yang ukurannya lebih kecil. Barang-barang yang dijual lebih spesifik. Pada akhir tahun, perusahaan—yang memegang izin toko berjaringan itu di Indonesia—mencetak laba.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000