logo Kompas.id
UtamaDaya Beli Jadi Kunci
Iklan

Daya Beli Jadi Kunci

Oleh
A Prasetyantoko, Pengajar di Unika Atma Jaya, Jakarta
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/USUwyn7zx_WEWxBWApdR2_STsao=/1024x1024/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F02%2F473250_getattachment6e0e3c84-9a62-4af1-8423-5778ddbaadb1464635-720x720_1550028037.jpg
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

A Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya, Jakarta.

Bagi perekonomian kita dengan ketergantungan tinggi pada konsumsi domestik, daya beli menjadi kunci. Pada 2018, proporsi pengeluaran konsumsi rumah tangga terhadap perekonomian atau produk domestik bruto sebesar 55,74 persen atau turun dari tahun sebelumnya yang 56,14 persen. Secara umum, dari tahun ke tahun, perekonomian kita terus didominasi aktivitas konsumsi domestik. Akibatnya, kita terjebak pada pola pertumbuhan moderat.

Menilik kondisi struktural perekonomian Indonesia, ada dua agenda besar yang harus dipikirkan. Pertama, dalam jangka pendek, memastikan daya beli masyarakat terkendali melalui kebijakan menjaga inflasi. Kedua, dalam jangka menengah dan panjang, mendorong kenaikan pendapatan dan daya beli melalui peningkatan investasi. Hanya melalui peningkatan investasi, efek pengganda akan tercipta, yaitu peningkatan pendapatan, daya beli, dan konsumsi. Jika konsumsi naik, produksi akan meningkat. Inilah esensi perubahan struktural perekonomian dari ekonomi berbasis konsumsi menuju basis produksi.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000