logo Kompas.id
UtamaKonsumen Membuat Jejak Digital
Iklan

Konsumen Membuat Jejak Digital

Oleh
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/pvbC-q10DX6jJ9ETiLN2gHizIAU=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F05%2F20190506_BERBUKA-PUASA_F_web_1557148298.jpg
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Umat Muslim berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019). Masjid Istiqlal menyiapkan 2.000-4.000 takjil setiap hari selama Ramadhan 1440 H.

JAKARTA, KOMPAS — Tren yang berkembang menunjukkan perilaku konsumen selama bulan Ramadhan tidak bisa dilepaskan dari jejak di dunia maya. Jejak-jejak digital yang ditinggalkan konsumen tersebut membentuk pola kebiasaan unik.

Google, dalam laporan ”Winning Ramadan with Digital”, menyebutkan lima tipe konsumen Ramadhan. Tipe pertama adalah konsumen yang suka berdevosi. Berdasarkan analisis Google pada 2018, pencarian istilah ”doa”, ”jadwal puasa”, dan ”zakat” bertambah tiga kali lipat selama Ramadhan dibandingkan dengan hari biasa.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000