Grup AirAsia Lirik Operator Apartemen di Indonesia
Oleh
BM Lukita Grahadyarini
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Subhome Hospitality Group, anak usaha AirAsia Group, berencana menggarap pasar operator apartemen menengah di Indonesia. Tahun ini, pengelolaan apartemen ditargetkan 1.000 unit.
Pendiri Felix Group, Rusmin Lawin, yang juga Mitra Bisnis Subhome Group untuk Indonesia, Kamis (16/5/2019), mengemukakan, konsep operator apartemen suite menyerupai manajemen hotel, tetapi lebih privat. Manajemen apartemen meliputi tatagraha, pemeliharaan, serta penjualan dan pemasaran unit apartemen. Pola pengelolaan dilakukan melalui sistem bagi hasil dengan pemilik apartemen.
Developer yang memiliki proyek apartemen umumnya menyimpan berkisar 20-30 persen dari total unit apartemen untuk dimiliki pengembang. Pihaknya akan menawari pengembang apartemen untuk mengelola unit-unit apartemen itu sekaligus memasarkannya.
”Ini solusi yang baik bagi pengembang di saat kondisi properti belum bangkit. Apartemen yang idle bisa diberdayakan,” kata Rusmin, yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Realestat Indonesia (REI).
Rusmin menambahkan, untuk tahap awal, bisnis operator apartemen dikembangkan di Jakarta. Tahun 2019, pihaknya menargetkan pengelolaan 1.000 unit apartemen. Saat ini, pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan Ciputra Group, Mustika Group, dan Riyadh Group.
Pemasaran unit apartemen antara lain menyasar kaum milenial. Grup AirAsia saat ini memiliki basis data penumpang 20 juta orang di Asia yang sebagian besar merupakan kaum milenial, yakni berusia 25-39 tahun. Pengelolaan unit terbuka untuk konsumen apartemen.
”Peluangnya, pasar AirAsia adalah milenial yang mau investasi di properti melalui Subhome,” ujarnya.
CEO Subhome Hospitality Group Sandeep S Grewal, dalam siaran pers, menyatakan, saat ini, pihaknya sudah mengelola apartemen di 20 lokasi di Malaysia dan akan berekspansi ke Indonesia dengan menggandeng mitra di Indonesia.
Secara terpisah, menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, pengelola atau operator apartemen di Jakarta saat ini cukup banyak dimanfaatkan untuk mengangkat penjualan. Operator itu umumnya merupakan pihak ketiga yang sudah dikenal dan memiliki jaringan kuat. Peran operator apartemen antara lain memasarkan sekaligus mengelola apartemen untuk mendapatkan penyewa.
”Pemilik apartemen memanfaatkan jaringan yang dimiliki operator untuk menyewakan apartemen. Dengan merek (operator) yang ternama, calon penyewa akan punya bayangan tentang standar pelayanan apartemen tersebut,” ujarnya.