JAKARTA, KOMPAS - Memasuki pekan terakhir menjelang Idul Fitri, masyarakat ibu kota bisa mendapatkan kemeriahan belanja melalui Festival Jakarta Great Sale 2019. Acara yang dimulai 25 Mei sampai dengan 23 Juni itu juga dimaksudkan sebagai bagian perayaan ulang tahun kota Jakarta ke-492.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FJGS itu, Sabtu (25/05/2019) di Mall AEON, Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.
Ellen Hidayat, Ketua Pelaksana FJGS 2019 sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta dalam acara pembukaan mengatakan, FJGS tahun ini kembali digelar bersamaan dengan momen Ulang Tahun DKI Jakarta yang ke 492 yang jatuh pada 22 Juni 2019. Sekaligus juga bertepatan dengan Idul Fitri dan liburan sekolah.
Untuk tahun ini, FJGS secara khusus membidik target kaum milenial dengan mengangkat tema SHOPPING SPIRIT.
"Semangat dalam berbelanja, dalam arti yang positif, yaitu antusiasme. Karena berbelanja tidak selalu berkaitan dengan perilaku konsumtif, tetapi juga kemampuan untuk memilih produk-produk berkualitas sesuai kebutuhan," kata Ellen.
"Semangat dalam berbelanja, dalam arti yang positif, yaitu antusiasme. Karena berbelanja tidak selalu berkaitan dengan perilaku konsumtif, tetapi juga kemampuan untuk memilih produk-produk berkualitas sesuai kebutuhan," kata Ellen.
Kemeriahan FJGS 2019 didukung 82 mal/pusat belanja/trade centre, 34 gerai Pasar Jaya Jakmart dan Mini DC, 4 hotel, ribuan retailer/toko yang ada di pusat belanja, serta puluhan usaha kecil menengah (UKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) DKI Jakarta.
Ellen Hidayat melanjutkan, menambahkan, di tengah situasi terkini Indonesia terutama di kota Jakarta, panitia optimistis FJGS bakal lancar dan target penjualan sebesar Rp 9,5 Triliun dapat tercapai.
"Kondisi yang semakin kondusif dengan kerjasama yang sangat baik antara aparat keamanan dan Pemerintah, membuat para pelaku usaha yakin bahwa masyarakat akan kembali beraktivitas seperti sediakala dan tidak ada gangguan berarti dalam kegiatan usaha. Terutama karena banyaknya kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri, liburan anak sekolah dan juga persiapan memasuki tahun ajaran yang baru," jelas Ellen.
Anies dalam pembukaan FJGS mengatakan, ia mengapresiasi pengelola mall yang tahun ini terhitung sudah 11 tahun menyelenggarakan FJGS.
"Saya mengundang warga Jakarta untuk datang ke event ini agar bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah," kata Anies.
"Saya mengundang warga Jakarta untuk datang ke event ini agar bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah," kata Anies.
Anies juga berpesan supaya mall menjadi ruang berinteraksi keluarga. "Saya mendukung rencana terobosan dan saya akan berbicara lebih jauh dengan pengelola mal apa saja yang dibutuhkan dari sisi Pemprov untuk memajukan mal-mal di Jakarta," kata dia lagi.
Ellen menambahkan, program menarik yang diadakan dalam FJGS ini sama seperti tahun-tahun lalu adalah program belanja hingga tengah malam "MIDNITE SALE” oleh 26 Mall yang akan berlangsung dalam dua periode. Yaitu di minggu pertama penyelenggaraan FJGS 2019, 24-26 Mei 2019 dan pada minggu ke 2 yaitu 30 Mei hingga 1 Juni 2019.
Pada FJGS 2019 ini, panitia juga bekerjasama dengan Dekranasda DKI Jakarta. Yaitu untuk menyelenggarakan pameran dan booth penjualan di 8 pusat belanja oleh UKM Binaan Dekrasna DKI Jakarta, yaitu di Senayan City, Grand lndonesia, Gandaria City, Kota Kasablanka, AEON Mall Jakarta Garden City, Lippo Mall Puri, Mall Kelapa Gading, dan Lippo Mall Kemang.
Juga ada aksi donor darah sosial yang digelar bersamaan dengan FJGS 2019.