JAKARTA, KOMPAS – Jelang Hari Raya Lebaran, 4 Juni 2019, dan keluarnya tunjangan hari raya (THR), dijadikan momentum sejumlah perusahaan untuk menggaet konsumen. Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta berlomba menawarkan promosi besar-besaran pada bulan Ramadhan kali ini.
Dari BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK baru saja menandatangani kerja sama dengan PT Pertamina (Persero). Mereka berkolaborasi menggelar promo pemberian uang kembali atau cashback kepada pelanggan yang membeli bahan bakar Pertamax Series dan Dex Series.
Syaratnya pelanggan menggunakan pembayaran non-tunai, kartu debit dan kredit BRI. Setiap pembelian minimum Rp 300.000, pelanggan akan mendapat uang kembali sebesar Rp 25.000. Program ini berlaku di 10 SPBU di Jabodetabek pada Sabtu dan Minggu, hingga 29 Juni 2019.
Pemimpin Wilayah BRI Jakarta I Hari Siaga Amijarso mengatakan, promo ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan konsumen yang menggunakan non-tunai. BRI ingin meningkatkan masyarakat tanpa uang tunai (cashless society).
"Lebaran ini momen tepat untuk mengembangkan bisnis. Karena masyarakat hanya perlu membawa kartu saat libur panjang dalam perjalanan mudik," katanya pada penandatanganan kerja sama, Senin (27/5/2019), di Jakarta.
Menurut Hari, penggunaan kartu debit ini sangat penting. Sebab dapat membantu pengelolaan kas serta menghindari risiko uang palsu dan meningkatkan faktor keamanan. BRI dan Pertamina menargetkan pemasukan Rp 280 miliar selama periode program.
General Manager PT Pertamina Tengku Fernanda menjelaskan, promosi ini bertujuan juga bagi pihaknya. Pertamina ingin mengajak masyarakat menggunakan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi. Untuk itu, promosi dilakukan pada jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.
Adapun penggunaan BBM non-subsidi semakin meningkat. Pada semester I 2019, penggunaan BBM non-subsidi mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
E-dagang
Tidak hanya BUMN, perang diskon pun terjadi di swasta, terutama di toko dagang elektronik atau e-dagang. Salah satunya Shopee. Mereka bergerak cepat menghadirkan promosi untuk menarik konsumen dari para pesaingnya.
Shopee menghadirkan Hari Puncak Big Ramadhan Sale pada Sabtu kemarin. Melihat antusiasme yang tinggi, mereka akan kembali mengadakan promo serupa hingga akhir Mei 2019.
Promosi itu dihadirkan dengan beragam jenis. Shopee menawarkan gratis ongkos kirim, potongan harga untuk produk tertentu, hingga peluang mendapatkan hadiah hingga Rp 10 miliar.
Public Relation Shopee Aysha mengatakan, promosi di bulan Ramadan 2019 sangat efektif. Shopee mencatatkan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat karena pengaruh pemberian tunjangan hari raya (THR).
Sementara itu, Blibli.com menawarkan produk belanja untuk persiapan mudik dan libur Lebaran. Promosi dengan tagar (#) RezekiRamadhan itu menawarkan ekstra diskon hingga Rp 10 juta.
"Kami menggelar program #RezekiRamadhan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di bulan puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri mulai 22 - 28 Mei 2019," kata Public Relation Blibli.com Dewi Retno Siregar.