logo Kompas.id
UtamaKinerja PDAM Perlu Diperbaiki
Iklan

Kinerja PDAM Perlu Diperbaiki

Dari hasil evaluasi pemerintah, hanya 57 persen perusahaan daerah air minum yang kinerjanya sehat. Oleh karena itu, kinerja PDAM yang meliputi manajemen, efisiensi, dan efektivitas pengelolaan mesti diperbaiki.

Oleh
Norbertus Arya Dwiangga Martiar
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/FuxW3_fmuTDZxL5R5Tob7BpzEo8=/1024x574/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190117ITAa_1547719441-1.jpg
KOMPAS/IRMA TAMBUNAN

Pengolahan air bersih di PDAM Tirta Mayang, Kota Jambi.

JAKARTA, KOMPAS — Dari hasil evaluasi pemerintah, hanya 57 persen perusahaan daerah air minum yang kinerjanya sehat. Oleh karena itu, kinerja PDAM yang meliputi manajemen, efisiensi, dan efektivitas pengelolaan mesti diperbaiki.

Berdasarkan evaluasi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) tahun 2018, dari 374 PDAM di Indonesia, 223 PDAM atau 57 persen berkinerja sehat. Sementara 99 PDAM atau 25 persen berkinerja kurang sehat, 52 PDAM atau 13 persen berkinerja sakit, dan 17 PDAM 5 persen sisanya belum dinilai kinerjanya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000