logo Kompas.id
UtamaAntara ”Best Input” dan ”Best ...
Iklan

Antara ”Best Input” dan ”Best Process”

Oleh
Biyanto Dosen UIN Sunan Ampel dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF)
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zysoHpJn0WZBeCV069KlcOgBkIU=/1024x1040/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F81402472_1562859471.jpg

Fenomena ini biasanya dialami sekolah berkategori favorit dan mapan dengan segudang prestasi. Sementara di tempat lain, ada sekolah yang harus berjuang hingga berpeluh keringat untuk mendapatkan siswa. Bahkan, hingga tahun ajaran baru dimulai, sekolah ini masih menerima pendaftaran. Hal itu dilakukan untuk menjaga keberlanjutan nasib sekolah. Kondisi ini biasanya dialami sekolah berkategori kecil dan miskin prestasi.

Pertanyaannya, mengapa ada sekolah yang laku keras dengan jumlah peminat luar biasa banyak. Sementara di tempat lain ada sekolah yang justru tak laku sehingga sangat sulit mendapatkan siswa baru. Perbedaan nasib sekolah ini terjadi dikarenakan faktor keunggulan.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000