Kolaborasi Astra dan GoJek meluncurkan GoFleet dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi.
Oleh
Cyprianus Anto Saptowalyono
·2 menit baca
TANGERANG, KOMPAS — Perusahaan patungan PT Astra International Tbk dan Go-Jek Indonesia meluncurkan GoFleet dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi.
Presiden Direktur GoFleet Meliza M Rusli menyatakan, GoFleet memiliki keunggulan teknologi dari Go-Jek serta pengalaman Astra di industri otomotif. ”Kekuatan itu digabung untuk menghasilkan solusi mobilitas,” ujarnya.
Selain menyediakan kendaraan, GoFleet memberikan solusi perawatan, layanan perbaikan, asuransi, serta monetisasi kendaraan melalui pemasangan iklan. Dengan bergabung dalam GoFleet, pengemudi akan mendapatkan pinjaman kendaraan serta penghasilan tambahan dari iklan yang ditampilkan dalam kendaraan.
Ada tiga tipe iklan yang bisa dipasang, yakni iklan di bagian samping, belakang, dan di dalam mobil. Menurut Meliza, di belakang mobil ada rear LED yang bisa memutar video iklan dari perusahaan pemasang iklan.
”Dengan bergabung bersama GoFleet, mitra pengemudi bisa fokus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, sementara perawatan dan perbaikan kendaraan akan dikelola oleh GoFleet,” ujar Meliza.
Pada tahap awal, GoFleet akan mulai mengoperasikan ribuan unit kendaraan untuk mitra pengemudi di area Jabodetabek.
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto melalui keterangan tertulis menuturkan, GoFleet merupakan wujud kemitraan strategis Astra dan Go-Jek yang dimulai sejak investasi Astra di Go-Jek pada Februari 2018. ”Kami mendukung penuh kolaborasi otomotif dan teknologi agar memberikan dampak ekonomi dan sosial yang semakin luas bagi masyarakat,” kata Prijono.
Pendiri dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, kerja sama itu sejalan dengan misi Go-Jek untuk terus berinovasi dan mencari cara memberikan kesempatan merata bagi masyarakat Indonesia.
”Peluncuran GoFleet menjadi wujud kolaborasi kekuatan dua karya anak bangsa untuk terus memajukan ekonomi digital Indonesia,” kata Nadiem. (CAS)