logo Kompas.id
UtamaMenjaga Kepercayaan Nasabah
Iklan

Menjaga Kepercayaan Nasabah

Kemajuan teknologi digital yang merambah sistem pembayaran turut mengubah sebagian wajah industri perbankan. Bank tak hanya menyediakan simpanan dan pinjaman bagi nasabahnya. Namun, bank juga mulai memperkuat sistem teknologi informasi dan digitalnya sehingga bisa melayani berbagai transaksi yang diinginkan konsumen.

Oleh
DEWI INDRIASTUTI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1N-JwmPD0kD3D-RTBPkLy2rvK64=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F9b54c95a-55ff-40b6-8e9b-ebb9acb2df90_jpg.jpg
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Warga mencoba memindai Kode Baca Cepat Indonesia atau QRIS yang diluncurkan Bank Indonesia beberapa waktu lalu, Senin (19/8/2019), di Bandar Lampung. QRIS efektif diimplementasikan pada 1 Januari 2020 untuk memberikan masa transisi bagi penyelenggara jasa sistem pembayaran.

Kemajuan teknologi digital yang merambah sistem pembayaran turut mengubah sebagian wajah industri perbankan. Bank tak hanya menyediakan simpanan dan pinjaman bagi nasabahnya. Namun, bank juga mulai memperkuat sistem teknologi informasi dan digitalnya sehingga bisa melayani berbagai transaksi yang diinginkan konsumen.

Data Otoritas Jasa Keuangan menunjukkan, dana pihak ketiga (DPK) atau dana masyarakat yang disimpan di bank per Juni 2019 sebesar Rp 5.799 triliun, sedangkan kredit yang disalurkan Rp 5.528 triliun. Data Bank Indonesia menyebutkan, kredit perbankan pada Juni 2019 tumbuh 9,9 persen secara tahunan, sedangkan DPK tumbuh 7,4 persen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000