logo Kompas.id
UtamaAkronim dan Istilah
Iklan

Akronim dan Istilah

Oleh
L Wilardjo
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GwYRgfwVpT4aPLcpEkXzD-XTbyc=/1024x575/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2Fbahasa-featureImage.png

Di rubrik Bahasa ini dua pekan lalu André Möller menulis tentang bermacam-macam akronim baik yang berasal dari bahasa-bahasa Eropa--seperti Swedia, Eslandia, Inggris, Jerman, dan Belanda--maupun yang dari bahasa kita sendiri. Daripada akronim glamping (glamorous camping), katanya, lebih baik kita memakai padanannya saja: kemah mewah. Mengapa akronim Inggris itu tidak dipadankan dengan akronim juga? Kemah mewah dapat diakronimkan menjadi kewah.

Glamping dapat kita buat lebih afdol dengan memadankannya dengan kewah. Glamorous dalam akronim glamping itu adjektiva; nominanya ialah glamour. Kata dalam bahasa Perancis ini pelafazannya kira-kira sama dengan lafaz "glamur" bila kita memakai lafaz lidah kita.

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000