logo Kompas.id
UtamaKanal Pengalaman Konsumen...
Iklan

Kanal Pengalaman Konsumen Mulai Jadi Prioritas

Otomasi pelayanan melalui ”chat bot” bisa mengurangi biaya perusahaan sekitar 30 persen. Penghematan biaya berasal dari pengurangan karyawan bidang layanan pelanggan.

Oleh
KELVIN HIANUSA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ndOvC-BgQuDqoAxTQYZr9EMDSXU=/1024x666/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2Fff31f1f8-4a79-41d6-bec0-e3e8893ceeef_jpg.jpg
Kompas/Hendra A Setyawan

Sophia, robot yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diaktifkan pada 2016 dan diciptakan oleh perusahaan Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong, saat melakukan wawancara khusus dengan media pada CSIS Global DIalogue 2019, di Jakarta, Senin (16/9/2019). Sophia diperkenalkan sebagai wujud masa depan teknologi AI, yaitu saat manusia dan robot dapat bekerja sama di berbagai bidang.

JAKARTA, KOMPAS — Mayoritas konsumen akan memiliki keterikatan dengan sebuah merek jika mendapatkan pengalaman (customer experience/CX) yang bersahabat. Untuk meraih keterikatan dalam era digital, perusahaan wajib meningkatkan kinerja kanal pengalaman konsumennya dengan adaptasi teknologi.

Pengalaman konsumen menjadi hal terpenting dalam penjualan produk sebuah merek. Berdasarkan survei Kantor Akuntan Publik Pricewaterhouse Coopers (PwC) pada 2018, lebih dari 80 persen konsumen rela membayar lebih banyak untuk sebuah produk, asalkan kanal pengalaman konsumennya bersahabat.

Editor:
hamzirwan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000