logo Kompas.id
UtamaPelaksanaan Ibadah Haji 2019...
Iklan

Pelaksanaan Ibadah Haji 2019 Sangat Memuaskan

Badan Pusat Statistik merilis Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2019. Diukur dari tujuh jenis pelayanan, pelaksanaan ibadah haji pada 2019 masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Oleh
Fajar Ramadhan
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TcnTpzD6WVX84h0T8xJLwJFbZSw=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20190809_ENGLISH-HAJI_B_web_1565363675.jpg
KOMPAS/NASRU ALAM AZIZ

Jemaah haji memadati pelataran Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, untuk melakukan tawaf, Sabtu (3/8/2019). Sebanyak 1,5 juta jemaah haji kini tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji yang puncaknya dilaksanakan pada Sabtu (10/8), ditandai dengan wukuf di Padang Arafah. Berdasarkan indeks kepuasan yang dirilis Badan Pusat Statistik, pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 dinilai sangat memuaskan.

JAKARTA, KOMPAS — Diukur dari tujuh jenis pelayanan, pelaksanaan ibadah haji pada 2019 masuk dalam kategori sangat memuaskan. Ke depan, pemerintah akan fokus untuk meningkatkan kualitas manasik agar substansi dari ibadah haji tersebut juga bisa terpenuhi bagi jemaah.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2019 di Jakarta pada Kamis (17/10/2019). Adapun pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara membagikan kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel yang digunakan 14.400 jemaah haji 2019 atau sekitar 6,2 persen dari total jemaah yang berjumlah 231.000 orang.

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000