logo Kompas.id
UtamaInovasi Berujung Kepuasan...
Iklan

Inovasi Berujung Kepuasan Ibadah Haji

Inovasi yang dilakukan Kementerian Agama membuahkan hasil positif. Peningkatan layanan, sejak keberangkatan hingga pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, memuaskan jemaah dan lebih baik dibanding tahun lalu.

Oleh
FAJAR RAMADHAN
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/MhifPeRCTfCxftO5dkZqBDlcA_s=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20190813_ENGLISH-HAJI_B_web_1565705504.jpg
ANTARA FOTO/HANNI SOFIA

Jemaah haji melempar jamrah aqabah yang merupakan salah satu syarat yang wajib dilakukan pada ibadah haji di Jamarat, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (13/8/2019). Jemaah haji melakukan prosesi lempar jumroh yang merupakan rangkaian rukun haji setelah melaksanakan Wukuf di Arafah.

Sudah menjadi hukum besi, hasil tidak akan mengkhianati kerja keras. Lantaran itu, inovasi pemerintah meningkatkan layanan penyelenggaraan ibadah haji memuaskan jemaah. Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia tahun ini masuk kategori sangat memuaskan.

Badan Pusat Statistik (BPS) membagi pelayanan ibadah haji pada pelayanan di luar Armuzna (Arafah, Musdalifah, dan Mina) dan dalam Armuzna. Dari 10 jenis pelayanan yang ada dalam dua kategori tersebut, tujuh di antaranya berada di luar Armuzna, sedangkan tiga lainnya ada di Armuzna.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000