logo Kompas.id
UtamaHijrah di Bulan Hijriah
Iklan

Hijrah di Bulan Hijriah

Oleh
FARIZ ALNIEZAR
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GwYRgfwVpT4aPLcpEkXzD-XTbyc=/1024x575/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2Fbahasa-featureImage.png

Yang dikatakan  Walter J Ong  beberapa tahun silam dalam Orality and Literacy benar belaka:  bangsa yang basis budayanya oralitas berciri utama gemar membuat akronim dan slogan. Masyarakat dengan  tingkat keberaksaraan rendah, yang tak suka baca, galibnya  suka memistifikasi kata, frasa, dan kalimat untuk kemudian mereka modifikasi jadi slogan.

Berbasis konsep budaya oralitas dan literasi yang ditawarkan Ong, kita tak akan kaget dengan fenomena  di Indonesia dewasa ini: di satu sisi gairah baca sangat loyo,  di sisi lain budaya sloganistik demikian mewabah. Masalahnya, slogan yang lahir dari masyarakat dengan tingkat baca rendah biasanya tidak dibarengi dengan pemahaman yang ungkul dan lunas. Akibatnya banyak slogan yang bukan saja susah dipahami secara konseptual, namun lebih dari itu keliru dalam tataran praktik.

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000