JAKARTA, KOMPAS – Perusahaan sepatu Eagle yang sudah eksis selama 32 tahun hendak mengedukasi masyarakat pentingnya melek produk lokal. Masyarakat diajak untuk mengutamakan memakai produk lokal yang berkualitas dan original dibandingkan memakai produk bermerk, namun abal-abal alias palsu.
Presiden Direktur PT GF Indonesia (Eagle) Hengky Sofyan di acara peluncuran sepatu Eagle varian Dia hasil kolaborasi Eagle dan Anji di Jakarta, Selasa (22/10/2019), mengatakan produk Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kolaborasi dengan musisi, yang terbaru dengan Anji, dilakukan karena ada kecocokan pada semangat Anji yang juga mendukung majunya produk lokal Indonesia, salah satunya sepatu.
“Untuk kerja sama dengan Anji dengan meluncurkan edisi sepatu Eagle secara terbatas atau limited edition, kami harapkan penjualan bisa tumbuh sampai 20 persen di tahun depan,” jelas Hengky.
Direktur Pemasaran dan Komunikasi PT GF Indonesia (Eagle) Cindy Jane mengatakan, untuk menyadarkan masyarakat memilih memakai produk lokal yang original, masih jadi pekerjaan rumah yang panjang. Dukungan dari pemerintah juga dibutuhkan.
“Jadi, harus mulai dan mengajarkan anak untuk bangga dengan produk lokal. Eagle mau anak-anak muda lebih mencintai produk Indonesia. Enggak usah malu membeli barang asli tapi lokal daripada beli produk bermerk yang palsu. Kerja sama dengan influencer, content creator, dan artis bisa lebih menjangkau anak-anak muda,”ujar Cindy.
Kolaborasi Eagle x Anji melucurkan dua seri yakni kalsik dan sport. Untuk yang seri klasik hanya diproduksi sekitar 600 pasang sepatu berwarna hitam dan gold yang dapat dibeli secara daring. Adapun yang seri sports dijual mulai Desember 2019 di semua took yang menjual sepatu Eagle.
Cindy mengakui banyak anak muda yang kini kurang mengenal Eagle. Padahal, Eagle telah memproduksi sepatu?sneaker yang di masa lalu banyak dipakai anak-anak sekolah selama 32 tahun.
“Kayaknya yang umur 20 tahun memang mulai enggak kenal Eagle. Karena itulah, kami berjuang keras untuk menguatkan kembali merek Eagle, yang merupakan produk lokal Indonesia. Eagle bukan produk usaha mikro kecil menegah atau UMKM lho, tapi perusahaan besar yang mampu berproduksi besar dan tetap menjaga kualitas,” kata Cindy.
Penyanyi Anji mengatakan mengatakan dirinya merasa gemas dengan banyaknya penjualan sepatu bermerk yang abal-abal yang dijual dengan harga murah. “Padahal ada produk sepatu lokal seperti Eagle, yang mengedepanjan kualitas dan original. Jadi, lebih baik beli sepatu produk lokal yang original daripada yang bermerk tapi palsu,” ujar Anji yang juga dikenal sebagai influencer di media sosial.
Menurut Anji, dirinya merasa perlu ada produk lokal yang mampu menyaingi produk sepatu bermerk yang abal-abal alias palsu. “Jadi, saya mau bikin sepatu lokal dan original. Sepatu bermerek original memang sudah ada kelasnya sendiri. Yang belum mampu jangan maksa beli tapi abal-abal. Untuk itu, saya bersedia kolaborasi dengan Eagle untuk mendesain sepatu yang kekinian dan Anji banget, yang klasik dan harga terjangkau,” jelas penyanyi lagu "Dia" ini.