Produk Mode Lokal Didorong Lebih Berani Bersaing Global
Festival industri kreatif dari bidang mode Telkomsel KICKFEST XIII kembali di gelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Festival ini diharapkan bisa memotivasi produsen mode lokal untuk lebih berani bersaing global.
Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
·2 menit baca
BANDUNG, KOMPAS – Festival industri kreatif mode Telkomsel KICKFEST XIII kembali di gelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Menjadi wadah pengembangan mengembangkan industri kreatif, festival ini diharapkan bisa memotivasi produsen mode lokal lebih kreatif dan berani bersaing di level internasional.
Berlangsung dari Kamis (31/10/2019) hingga Minggu (2/11/2019), festival ini bakal menjajakan sekitar 100 produk pakaian merk sendiri (clothing). Dalam festival ini juga bakal dijajakan kurang lebih 20 lapak makanan sehingga warga bisa berbelanja sambil menikmati beberapa makanan khas Bandung.
Di Festival yang akan memasuki angka 13 tahun ini, Senior Project Manager PT Dyandara Promosindo Friena Lusy Candra menyatakan, panitia menargetkan kunjungan hingga 120.000 orang. Sebelumnya, dalam rangkaian KICKFEST di Malang pada awal September 2019, pengunjung tembus hingga 67.000 orang. Untuk rangkaian ketiga di Surabaya bertajuk Telkomsel The 11th Indie Clothing Expo pada Desember 2019.
“Bandung kami targetkan lebih tinggi karena kota ini adalah tempat lahir KICKFEST. Bandung juga memiliki iklim bisnis bagus. Orang-orangnya tidak melihat pakaian dari merk, tetapi keunikannya,” ujarnya.
Friena yakin, warga Bandung dan sekitarnya bakal antusias untuk berkunjung dan berbelanja di festival yang tersebut. Tidak hanya dari Bandung, pengunjung yang akan datang diprediksi juga berasal dari daerah-daerah lain, di antaranya dari Jakarta.
Perusahaan penyedia bahan kaos, Nirwana Group, menjadi penyuplai utama bahan kaos dari merk yang masuk ke dalam KICKFEST. Presiden Direktur Nirwana Grup Alex Ferdian Santoso menuturkan, pihaknya memasok sebanyak 60-80 persen bahan garmen untuk clothing.
Kami mendukung produksi lokal untuk bersaing dengan barang impor yang sudah mulai membanjiri pasar dalam negeri. Teman-teman ini memiliki kreativitas tinggi, out of the box, karena itu kami dukung dengan produk yang berkualitas tinggi
“Kami mendukung produksi lokal untuk bersaing dengan barang impor yang sudah mulai membanjiri pasar dalam negeri. Teman-teman ini memiliki kreativitas tinggi, out of the box, karena itu kami dukung dengan produk yang berkualitas tinggi,” ujarnya.
Selain itu, ada perbedaan KICKFEST tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya memberi tempat unjuk produk clothing, dalam festival ini juga memiliki ruang ide, tempat pameran dari produk-produk kolaborasi terbatas dari beberapa merk clothing. Ada juga, pasar komunitas yang menjadi ajang dari 15 komunitas memamerkan hasil karya dan berinteraksi dengan masyarakat luas.
Manager Mass Market Segment Telkomsel Regional Jabar Fahmi Rojali menyambut antusias kegiatan ini. Dia menuturkan, pihaknya ingin terus mendukung kewirausahaan muda tumbuh. Hal itu, kata Fahmi, dibuktikan dengan keterlibatan Telkomsel dalam ajang ini selama 13 tahun terakhir.