logo Kompas.id
UtamaTransparansi dan Edukasi Dapat...
Iklan

Transparansi dan Edukasi Dapat Meningkatkan Literasi Masyarakat

Dalam waktu dekat otoritas akan mengeluarkan ketentuan untuk memberikan standardisasi informasi produk jasa keuangan. Industri keuangan harus memenuhi standar tersebut ketika hendak menjual produk atau jasa mereka.

Oleh
Dimas Waraditya Nugraha
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/AIonhi2MDyb_vWDTQVQd4iMHPdc=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2FDSC02988_1572434472.jpg
KOMPAS/DIMAS WARADITYA NUGRAHA

Karyawan OCBC NISP memaparkan informasi terkait produk OCBC NISP Sekuritas kepada seorang pengunjung  Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) Festival, di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Otoritas tengah mematangkan aturan baru untuk mendorong industri keuangan lebih bertanggung jawab dan transparan dalam menjual produk mereka. Hal ini diperlukan mengingat kebanyakan masyarakat terindikasi menggunakan produk keuangan tanpa benar-benar memahami fungsi dan risikonya.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2016 menunjukkan, indeks literasi keuangan 29,66 persen, naik dari 21,84 persen tahun 2013. Adapun indeks inklusi keuangan pada 2016 sebesar 67,82 persen, meningkat dari 59,74 persen tahun 2013.

Editor:
hamzirwan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000