›  
Biografi Politik – Mohammad Hatta
Rp 199.000

Biografi politik Mohammad Hatta merupakan perjalanan hidupnya dalam kancah politik di Indonesia. Bermula semasa studi di Belanda, kemudian berjuang di Tanah Air, dilanjutkan pada masa pendudukan Jepang, masa revolusi, masa demokrasi parlementer, masa demokrasi terpimpin, hingga Orde Baru.

Bentuk
Clear
 

Description

Sejak mahasiswa di Belanda, Hatta bercita-cita Indonesia merdeka. Menurut Hatta untuk Indonesia merdeka perlu terbentuk rasa kebangsaan yang kuat.Pemikirannya tertuang dalam bentuk tulisan visioner dan berbagai pidato. Dasar pemikirannya yaitu nonkoperasi, percaya pada diri sendiri, dan persatuan Indonesia. Selain itu, Hatta mencanangkan tiga segi pemikirannya dalam bidang politik, pertama, tulisannya tentang cita-cita Indonesia merdeka. Kedua, analisisnya tentang perkembangan politik yang terus berubah dari waktu ke waktu. Ketiga, ditegakkannya kembali organisasi politik dengan pemimpin yang tepat.

Namun, perjuangannya ini harus dibayar mahal dengan penangkapan dan dijebloskannya ke dalam penjara, bahkan dibuang ke berbagai tempat seperti Boven Digoel atau Banda Neira. Tetapi, sel penjara tidak mampu membelenggu pikirannya.

Buku ini terbagi dalam tiga jilid. Jilid 1 tentang Mohammad Hatta dan pemikirannya yang bermula saat kuliah di Negeri Belanda dan masuk Perhimpunan Indonesia. Di sini awal pemikiran politik Mohammad Hatta mulai terbentuk. Jilid 2 tentang Mohammad Hatta dan Persatuan Indonesia. Cita-cita Hatta agar kelak Indonesia terbebas dari belenggu kolonialisme. Jilid 3 tentang Mohammad Hatta dan Orde Baru. Semenjak Hatta mengundurkan diri sebagai wakil presiden, Hatta aktif dalam memberi saran dan kritik pada masa Orde Baru, hal ini menunjukkan Hatta yang sangat konsisten, baik dalam pemikiran, perbuatan, dan kebijakannya.

 

Additional information

Weight 1 kg
Dimensions 23 x 15 cm
ISBN

978-602-412-277-5

Penerbit

Penulis

Tanggal Terbit

2018

Jumlah Halaman

778

Ukuran

23 x 15 cm

Tujuan Pengiriman