›  
INDONESIAN DREAM – Revitalisasi & Realisasi Pancasila sebagai Cita-cita Bangsa
Rp 89.000

INDONESIAN DREAM menawarkan revitalisasi narasi Pancasila sebagai cita-cita manusia dan bangsa Indonesia yang cenderung sudah luntur dewasa ini. Salah satu penyebabnya adalah kecenderungan Pancasila hanya sebagai “penengah” perdebatan antara kelompok yang menawarkan politik identitas versus politik “NKRI harga mati”. Ini membuat Pancasila kurang menyentuh secara personal, persatuan yang berkembang cenderung semu, dan sila-sila lainnya dari Pancasila seperti terisolasi. Untuk mewujudkan cita-cita manusia dan bangsa Indonesia seperti termaktub dalam Pancasila, penulis menguraikan bahwa Indonesia harus mengembangkan tiga modal esensial: modal spiritual, modal sosial, dan modal manusia.

 

Bentuk
Clear
 

SKU: KOIDRTLPBKBKU13850000

Description

Ditulis dengan kombinasi riset, pengetahuan populer, dan pengalaman pribadi, Indonesian Dream menawarkan revitalisasi narasi Pancasila sebagai cita-cita manusia dan bangsa Indonesia yang cenderung sudah luntur dewasa ini. Salah satu dari enam penyebab yang dibahas dalam buku ini adalah kecenderungan Pancasila hanya sebagai “penengah” perdebatan antara kelompok yang mau menjadikan Indonesia negara agama vs yang mempertahankan persatuan Indonesia.

Bila kelompok yang pertama cenderung menawarkan politik identitas, kelompok kedua cenderung menawarkan slogan “NKRI harga mati!” Ini membuat Pancasila statis, persatuan yang berkembang cenderung semu, sila-sila lainnya dari Pancasila seperti terisolasi, dan Pancasila kurang menyentuh pribadi-pribadi manusia Indonesia.

Akhirnya, kita seperti mengalami kekosongan narasi dan pegangan tentang identitas sebagai individu dan bangsa Indonesia. Revitalisasi narasi ini, yang diinspirasikan oleh pidato Ir. Soekarno dalam Sidang Umum BPUPKI pada 1 Juni 1945, sifatnya menyangkut kepribadian masing-masing manusia Indonesia yang adalah justru entitas yang membangun bangsa Indonesia, salah satu pemahaman yang agak keliru dewasa ini. Jadi, paradigma manusia membangun bangsa, bukan bangsa membangun manusia, sangat kental dalam buku ini.

Additional information

Weight 0.5 kg
Dimensions 15 x 23 cm
ISBN

978-602-412-446-5

Penerbit

Penulis

Tanggal Terbit

2018

Jumlah Halaman

450

Ukuran

15 x 13 cm

Tujuan Pengiriman