Syarat dan Ketentuan

DEFINISI

Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh PK. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965. Mengusung semboyan “Amanat Hati Nurani Rakyat”.

Kompas.id adalah domain website yang digunakan Harian Kompas untuk menyajikan konten teks, foto, audio dan video beserta aktifitas marketing dan promosinya.

Gerai Kompas adalah sub halaman Kompas.id yang menjual Langganan Konten dan Produk secara online yang dikelola dan dimiliki oleh PT. Kompas Media Nusantara.

Pengelolaan situs Kompas.id meliputi aktifitas yang tidak terbatas pada langganan konten, penjualan Produk, pemeliharaan situs, layanan pelanggan, fungsi distribusi, penagihan, marketing dan promosi. Pengelola Kompas.id merupakan karyawan PT. Kompas Media Nusantara.

Konten dalam penerbitan, seni dan komunikasi adalah informasi dan pengalaman yang ditujukan langsung kepada pemirsanya. Konten dapat disalurkan melalui berbagai media seperti Internet, televisi, radio, buku, majalah maupun koran.

Pelanggan atau Langganan adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi.

Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, Produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, Produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.

Klaim adalah tuntutan pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak atas sesuatu kondisi. Pada situs Kompas.id, Klaim lebih spesifik pada pernyataan suatu Produk yang sudah dibeli dan diterima dalam kondisi yang kurang baik atau cacat.

Retur adalah proses pengembalian suatu Produk akibat Klaim yang dilakukan sakah satu pihak terhadap pihak lainnya.

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Pengguna situs Kompas.id juga merupakan bagian dari Konsumen.

Pengecer atau peritel adalah adalah Organisasi bisnis atau seseorang yang menjalankan model bisnis pemasaran Produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Pada prakteknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun Produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.
Payment Gateway adalah layanan aplikasi e-commerce yang mengotorisasi berbagai jenis metode pembayaran yang termasuk didalamnya dan tidak terbatas pada transfer rekening bank dan penggunaan kartu kredit.

Google Analytic adalah layanan analisa websites yang dimiliku oleg Google.

MixPanel adalah sebuah perusahaan penyedia layanana analisa bisnis yang melakukan pelacakan interaksi pengguna website dan aplikasi perangkat bergerak yang menyediakan alat untuk berinteraksi dengan konsumen.

Payment Gateway adalah alternatif jasa pembayaran uang di dalam dunia usaha e-commerce yang diterapkah oleh Pengelola Kompas.id untuk dipergunakan pada Platforms tertentu yang memungkinkan dilakukannya pembayaran dan transfer dana melalui Internet, ATM, perangkat bergerak dan atau pengiriman pesan singkat dimana dimungkinkan diperlakukannya pemotongan.

KERAHASIAAN

Pengelola Kompas.id bertanggungjawab untuk pengumpulan informasi pribadi dan melindungi privasi Konsumen setiap waktu. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh Konsumen Kompas.id, tanpa kecuali.

Penggunaan fitur login dengan email, username dan password, facebook login, google login, kompas.com dan secure socket layer (ssl) merupakan upaya Pengelola Kompas.id dalam melindungi privasi Konsumen.

Pengelola Kompas.id tidak bertanggungjawab terhadap berpindahnya informasi Konsumen ke pihak lain, akibat dari pihak ketiga yang melakukan aktifitas pengambilan data tanpa ijin melalui praktek-praktek ilegal.

PENGUMPULAN INFORMASI

Pengelola Kompas.id tidak memperjualbelikan informasi pribadi pelanggan yang dikumpulkan secara online kepada pihak ketiga.
Data pribadi pembeli yang kami terima, hanya digunakan untuk kepentingan transaksi.

Informasi yang kami dapat dari pelanggan, akan membantu kami dalam menyediakan informasi Produk baru yang diminati atau dibutuhkan kembali oleh pelanggan tersebut.

Dengan bantuan layanan pihak ketiga yang tidak terbatas pada Google Analytic dan MixPanel, kami merekam aktifitas pengunjung berdasarkan email (surel) untuk kebutuhan perbaikan dan pengembangan layanan pelanggan.

Kami dapat memberikan nama dan alamat Konsumen kepada pihak ketiga untuk tujuan pengiriman Produk kepada Anda (contohnya kepada kurir atau supplier kami).

Kami menggunakan data informasi pelanggan untuk proses, konfirmasi, pemenuhan dan kelengkapan transaksi dan permintaan Produk yang dibutuhkan pelanggan.

Setiap saat akan ada kemungkinan perubahan harga dan stok. Bila terjadi perubahan harga dan stok, Pengelola Kompas.id akan menggunakan informasi dari pelanggan saat pelanggan melakukan transaksi online, kemudian customer service kami akan menginformasikan kepada pelanggan mengenai perubahan tersebut.

Informasi pelanggan digunakan untuk keamanan, data statistik, analisa pemasaran, manajemen sistem informasi, penagihan pembayaran, pemeliharaan dan pengembangan data, survei, meningkatkan serta membantu Pengelola dalam bertransaksi dengan Pelanggan, melalui identifikasi permintaan dan kebutuhan pelanggan.

Setiap saat dibutuhkan oleh badan hukum, kami akan memberikan informasi tentang pelanggan kepada pemerintah atau pihak ketiga atau badan resmi lainnya yang terkait. Lebih lanjut, kami juga akan menggunakan atau memberikan informasi pelanggan sebagaimana diizinkan sesuai hukum melindungi hak atau milik Kompas.id, pelanggan kami atau para penggunanya.

PAJAK

Harga Produk yang tertera pada situs Kompas.id sudah termasuk pajak pertambahan nilai 10 persen (PPN 10%)

PEMBELIAN

Produk yang sudah dibeli dan diterima konsumen tidak dapat dikembalikan dan diganti dengan uang yang sudah dibayarkan atas Produk tersebut.

PEMBAYARAN

Bila Konsumen melakukan transfer dari Bank yang berbeda, umumnya terdapat selisih waktu yang cukup lama sebelum dana Konsumen aktif di rekening tujuan.

Pembayaran Produk dapat dilakukan melalui transfer bank maupun Payment Gateway. Kompas.id memggunakan rekanan Payment Gateway PayPal dan Midtrans.

Pilihan layanan pembayaran pada Payment Gateway Midtrans bervariasi tergantung perjanjian kerjasama pengelola Kompas.id dengan Midtrans.

Untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Visa, Mastercard dan American Express dilakukan melalui Payment Gateway Paypal.

Pembayaran melalui Payment Gateway Paypal akan menggunakan mata uang Dollar Amerika (USD). Secara otomotatis, sistem akan melakukan konversi mata uang Rupiah Indonesia (IDR) ke dalam nominal Dollar Amerika (USD) menggunakan kurs yang diperbaharui tiap hari senin.
Pengelola Kompas.id tidak bertanggungjawab atas kurs yang dikenakan Payment Gateway Paypal terhadap konsumen atau pelanggan atau pengguna Payment Gateway Paypal.

Untuk pembayaran melalui metode transfer Bank BCA, menggunakan informasi rekening berikut ini :

BANK BCA Cabang Gajah Mada
a/n : PT. Kompas Media Nusantara
nomor rekening : 0123027164

Secara berkala, pengelola Kompas.id akan melakukan proses pemeriksaat bukti transfer ke Bank BCA dan sistem pembayara lainnya pada hari kerja (Senin – Jumat) dan jam operasional 08:00 WIB – 17:00 WIB

PENGIRIMAN

Hanya pesanan / pembelian Produk yang telah dibayar yang akan diproses untuk pengiriman.

Dalam keadaan normal, jumlah yang tertera pada tiap Produk di situs Kompas.id menggambarkan ketersedian Produk yang dijual.

Bila karena kondisi tertentu barang tidak tersedia, pengelola Kompas.id akan membantu mencarikan alternatif Produk pengganti atau mengembalikan uang yang telah dibayarkan.

Dalam melakukan pengiriman Produk ke Konsumen, Kompas.id bekerjasama dengan Pihak Ketiga yaitu dengan JNE.
Secara berkala, pengelola Kompas.id akan melakukan proses pengiriman Produk pada hari kerja (Senin – Jumat) dan jam operasional 08:00 WIB – 17:00 WIB.

RETUR

Penggantian atas barang yang rusak dalam pengiriman, cacat Produksi seperti bagian atau komponen Produk yang tidak lengkap dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menghubungi pengelola Kompas.id melalui layanan percakapan online, nomor telepon, whatsapp atau email yang tertera di situs Kompas.id.

Klaim untuk keperluan retur untuk mendapatkan Produk pengganti, harus dulakukan maksimal 3 hari dari tanggal penerimaan Produk oleh konsumen. Produk yang telah diterima lebih dari 3 hari dari tanggal Produk diterima oleh konsumen, tidak dapat diklaim untuk dilakukan retur dan mendapatkan Produk pengganti.

LAYANAN PELANGGAN

Untuk memberikan layanan yang optimal, pihak pengelola Kompas.id dapat dihubungi pada alamat, nomor telepon dan email berikut ini pada jam operasional (kerja) 08:00 WIB – 17:00 WIB.

Departemen Layanan Pelanggan
Gedung Kompas Gramedia unit II Lantai dasar
Jalan Palmerah Selatan 26-28 Jakarta 10270
Indonesia.

Telepon : +6221 2567 6000
Email : [email protected]
WhatsApp : +62812 900 50 800

TAUTAN KE SITUS LAIN

Untuk mempermudah penggunaan Konsumen, situs kami mungkin menyediakan link ke situs-situs pihak ketiga lainnya. Namun, pada saat Konsumen mengunjungi link-link ini, kami tidak bertanggung jawab atas informasi apapun yang Konsumen berikan kepada situs-situs tersebut.Masing-masing situs memiliki kebijakan penanganan privasi tersendiri dan kami tidak bertanggung jawab atas isi dari situs mereka. Oleh karena itu, Konsumen harus berhati-hati dan mempelajari pernyataan kebijakan privasi yang berlaku di situs tersebut sebelum memberikan informasi Konsumen.

BERLANGGANAN EMAIL (NEWSLETTER)

Konsumen akan mendapatkan pilihan untuk ingin menerima email promosi Kompas.id. Jika Konsumen memilih untuk berlangganan maka pengelola Kompas.id akan mengirimkan e-mail secara berkala kepada Konsumen yang berisikan informasi tentang Produk terbaru dan program promosi apa yang sedang ditawarkan.
Pengelola Kompas.id hanya menggunakan alamat email Konsumen untuk keperluan pegelolaan Kompas.id dan tidak akan membagi, menjual, menyewakan, menukar atau memberikan kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan Konsumen. Konsumen dapat memilih untuk berhenti berlangganan kapan saja, pada setiap email yang Konsumen terima akan terdapat pilihan untuk berhenti berlangganan dengan listing email kami.

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Setiap perbedaan pendapat dan atau perselisihan yang timbul, diusahakan untuk diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.

PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

Pengelola Kompas.id memiliki hak untuk mengganti dan mengubah ‘Syarat dan Ketentuan’ pada waktu kapan saja. Semua perubahan kebijakan akan diumumkan di situs Kompas.id.