logo Kompas.id
EkonomiKementerian Perdagangan...
Iklan

Kementerian Perdagangan Optimalkan Forum Bisnis dan Diaspora

Forum bisnis dapat efektif untuk ekspor jika pelaku usaha nasional sudah memiliki target pembeli di negara tujuan. Pelaku usaha juga mesti mempelajari dahulu kendala pasar tujuan dan menyiapkan strategi mengatasinya.

Oleh
M PASCHALIA JUDITH J
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Qnr5Pkav0PcaR7TyEnSgVlS4Jew=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F45608363-86e3-4cf5-a22c-3e379e4182f5_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pedagang memperlihatkan biji kopi yang dijual di kios Dunia Kopi Pasar Santa, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019). Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS — Misi dagang dalam bentuk forum bisnis dan melibatkan jaringan diaspora menjadi langkah taktis dan strategis menggenjot ekspor. Salah satu upaya yang ditempuh Kementerian Perdagangan itu diharapkan dapat memacu kinerja neraca perdagangan yang tengah terkontraksi.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, kinerja neraca perdagangan Indonesia sepanjang Januari-November 2019 defisit 3,105 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 4,34 triliun. Pada November 2019, neraca perdagangan mengalami defisit 1,33 miliar dollar AS.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000