logo Kompas.id
EkonomiDefinisi UMKM yang Kabur...
Iklan

Definisi UMKM yang Kabur Berpotensi Munculkan Perselisihan

Definisi UMKM harus dirumuskan secara jelas. Penyesuaian kriteria sesuai kondisi termutakhir dapat memperbaiki kualitas data UMKM di Indonesia.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gbxQAoapzQHfQXMc6mor7OWXgIM=/1024x1366/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2F20201012-H10-KID-UMKM-mumed_1602519609.png

JAKARTA, KOMPAS — Kriteria usaha mikro, kecil, dan menengah mesti dibuat sejelas mungkin dan disesuaikan dengan kondisi terkini. Kejelasan kriteria tersebut merupakan modal penting dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran dan tepat guna di setiap segmen.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Mohammad Faisal berpendapat, kriteria usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jangan disusun terlalu kompleks atau rumit. Kriterianya tidak perlu muluk-muluk atau terlalu banyak.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000