Perusahaan produsen ponsel pintar Oppo meluncurkan aplikasi Oppo Service, Kamis (22/8/2019). Peluncuran ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan purna jual terhadap konsumen.
Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS -- Perusahaan produsen ponsel pintar Oppo meluncurkan aplikasi Oppo Service, Kamis (22/8/2019). Peluncuran ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan purna jual terhadap konsumen.
Public Relation Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, peluncuran aplikasi ini adalah strategi pemasaran Oppo di pasar. Layanan ini dinilai penting untuk membentuk kesetiaan pelanggan. Berdasarkan penelitian oleh Canalys, pada periode April-Juni 2019, penjualan ponsel pintar di Indonesia naik 8,9 persen dari tahun ke tahun (year on year).
Pada kuartal kedua 2019, Oppo tercatat memimpin pasar ponsel pintar Indonesia dengan persentase 26 persen. Penjualan ponsel pada kuartal kedua secara tahunan tumbuh 54 persen. Sementara itu, Samsung yang semula memimpin di posisi satu kini tercatat berada di posisi kedua dengan persentase 24 persen. Penjualan ponsel di kuartal kedua tumbuh secara tahunan sebesar 10 persen.
"Kami menyadari pentingnya perjalanan pelanggan atas sebuah produk. Menyediakan layanan pelanggan sangat penting untuk menciptakan kesetiaan pelanggan," kata Aryo. Aplikasi ini bisa diakeses melalui tautan atau link khusus. Rencananya, aplikasi ini akan tersedia di Oppo App Store dan Play Store pada 2020.
Aryo mengatakan, aplikasi buatan Oppo ini bisa mendeteksi dan membaca spesifikasi ponsel sang pemilik. Teknologi ini memungkinkan konsumen untuk menerima informasi-informasi yang berkaitan dengan ponsel miliknya. Pengguna juga bisa mengakses informasi tentang lokasi pusat pelayanan, status garansi, hingga harga suku cadang.
Adapun layanan antar-jemput perangkat untuk para konsumen dan layanan prioritas. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur percakapan untuk berkomunikasi langsung dengan pusat layanan Oppo ketika butuh bantuan. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat dengan beragam tipe, mulai dari A71, F5, R17, Find X, hingga seri Reno.
"Konsumen bisa mendaftar terlebih dahulu sebelum datang ke pusat layanan melalui aplikasi. Nanti akan ada keterangan waktu layanan setelah mendaftar sehingga konsumen tidak perlu antre terlalu lama," kata Region Manager Oppo Service Center, Megawati.