logo Kompas.id
Politik & HukumKemeriahan Kampanye Pamungkas ...
Iklan

Kemeriahan Kampanye Pamungkas Anies, Prabowo, dan Ganjar Dimulai

Anies-Muhaimin menggelar kampanye terbuka di JIS, Prabowo-Gibran di GBK, dan Ganjar-Mahfud di Surakarta-Semarang.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO, STEPHANUS ARANDITIO, NINO CITRA ANUGRAHA, HIDAYAT SALAM
· 3 menit baca
Capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD disapa dengan riuh oleh warga yang berada di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). Keduanya sekaligus menyaksikan tarian wayang orang di sana.
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD disapa dengan riuh oleh warga yang berada di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). Keduanya sekaligus menyaksikan tarian wayang orang di sana.

JAKARTA, KOMPAS - Ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menutup serangkaian kampanye mereka dengan kampanye terbuka, Sabtu (10/2/2024) atau empat hari menjelang hari pencoblosan. Pada kesempatan terakhir ini, semua paslon terus menguatkan para pendukungnya agar memenangkan Pemilu 2024.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggelar rapat umum di Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, mulai pukul 07.00 hingga siang. Pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menggelar rapat umum di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat mulai pukul 12.30 hingga sore hari.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Sementara itu, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menggelar rapat umum di Jawa Tengah, yakni di Jalan Ngarsopuro-Benteng Vastenburg, Surakarta, mulai pukul 07.00 hingga 10.30. Setelah itu, kampanye berlanjut ke Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang mulai pukul 13.00.

Lebih dari 8.000 Personel TNI-Polri Amankan Kampanye Terbuka Anies, Prabowo, dan Ganjar.

Di JIS, semua pintu untuk para pendukung Anies-Muhaimin sudah penuh sejak subuh. Kapasitas JIS mencapai 82.000 orang. Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus mengatakan, semua yang datang bukan massa bayaran.

"Tadi saya barusan foto dengan ibu-ibu dari Tegal. Sudah dua hari di sini. Jadi itu menunjukan keinginan untuk berubah. Itu enggak bisa dibendung walaupun dia jalan jauh tadi malam hujan, tetep orang ada disini,” ujar Syaugi di JIS, Sabtu (10/2/2024).

Para pendukung capres-cawapres Anies-Muhaimin memadati Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Para pendukung capres-cawapres Anies-Muhaimin memadati Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024).

Sebelum berangkat ke JIS, Anies juga sempat sarapan terlebih dahulu bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla di sebuah hotel di seberang JIS. Anies dan Muhaimin dijadwalkan akan berpidato di depan pendukungnya pada pukul 10.20 selama satu jam.

Sebelum itu, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Syaikhu juga akan berpidato. Dalam kampanye terbuka ini mereka mengungkit tema ”Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah”.

Iklan

Di Surakarta, hujan deras yang mengguyur tak menyurutkan semangat sejumlah warga untuk mendatangi kampanye Ganjar dan Mahfud, di Benteng Vastenburg. Kampanye pamungkas paslon nomor urut 3 ini bertajuk "Hajatan Rakyat, Bukan Pesta Konglomerat".

Baca juga: Sivitas Akademika Universitas Trisakti Menentang Pelanggaran Etika dalam Pemilu 2024

Sejak pukul 08.00, Ganjar dan Mahfud mulai terlihat menyapa kerumunan massa melewati Jalan Slamet Riyadi dengan menaiki gerobak sapi. Ganjar berada pada satu gerobak sapi bersama keluarganya, begitu juga Mahfud.

Ganjar dan Mahfud dijadwalkan akan berpidato, setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Puan Maharani, mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang amanah pada 14 Februari 2024. "Pilihlah pemimpin untuk Indonesia yang lebih baik, yang amanah, yang memang akan bekerja Indonesia, bukan untuk kepentingan kelompok, keluarga, tapi untuk seluruh Indonesia. Jadi jangan pernah takut untuk kemudian memilih pemimpin yang dianggap paling amanah dan paling akan membuat Indonesia lebih baik," katanya.

Para pendukung pasangan Prabowo-Gibran menghadiri kampanye akbar bertajuk “Pesta Rakyat Wis Wayahe” di Gelanggang Olahraga Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024).
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Para pendukung pasangan Prabowo-Gibran menghadiri kampanye akbar bertajuk “Pesta Rakyat Wis Wayahe” di Gelanggang Olahraga Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024).

Sementara itu, Prabowo-Gibran akan menggelar kampanye terbuka di Stadion GBK mulai pukul 12.30. Prabowo dijadwalkan akan berpidato pada pukul 16.00 dengan tajuk "Pesta Rakyat; Untuk Indonesia Maju".

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo, sebelumnya menyampaikan, momentum di GBK itu juga akan menjadi ajang unjuk kekuatan riil sebelum memasuki masa tenang.

Kampanye terakhir juga merupakan gladi bersih persiapan mesin politik dan seluruh kekuatan pendukung menjelang hari pencoblosan. ”Ini memperlihatkan kekuatan semua partai politik pengusung, pendukung, dan para sukarelawan,” ucap Dradjad.

Reportase Langsung: Kampanye Pamungkas Anies, Prabowo, dan Ganjar

Sementara itu, 5.922 personel gabungan TNI-Polri diterjunkan mengamankan dua kampanye terbuka pasangan Anies-Muhaimin di JIS dan passangan Prabowo-Gibran di Stadion Utama GBK.

Di Jawa Tengah, 2.777 personel gabungan TNI-Polri ditugaskan untuk mengamankan kampanye terbuka pasangan Ganjar-Mahfud. Mereka disebar untuk mengamankan dua lokasi kampanye, yakni di Benteng Vastenburg, Surakarta, dan sekitar Lapangan Simpang Lima, Semarang.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000