logo Kompas.id
RisetPelayanan Publik Diuji Pandemi
Iklan

Pelayanan Publik Diuji Pandemi

Pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 diharapkan tetap berjalan dengan baik meskipun dengan sejumlah penyesuaian. Keberlangsungan pelayanan yang berkualitas menjadi ujian bagi penyelenggara layanan publik.

Oleh
Arita Nugraheni/Litbang Kompas
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3mDgjjqPv8bQmEAR043o6xG-Tvk=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2F0ff2ebc4-6bc9-4575-b3dd-ed3e0f7c39ab_jpg.jpg
Kompas/Heru Sri Kumoro

Kotak berkas atau drop box dipasang berjajar di depan pintu masuk Mal Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta di Kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Keberadaan kotak berka sebagai wujud masih adanya pelayanan kepada masyarakat dengan menaruh permohonan perizinan/nonperizinan secara manual selama adanya kebijakan pembatasan tatap muka sebagai upaya pencegahan penyeberan Covid-19. Kebijakan ini sementara akan berlangsung hingga 31 Maret 2020. Optimilasi layanan kepada masyarakat bisa menggunakan layanan daring (online) di website http://jakevo.jakarta.go.id , layanan Call Center Tanya PTSP 1500164 yang tetap beroperasi seperti biasa.

Keberlangsungan pelayanan publik menjadi kekhawatiran di tengah pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini. Penerapan pembatasan sosial berskala besar di sejumlah wilayah menjadi faktor yang membatasi pergerakan sosial masyarakat. Meski begitu, publik berharap pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa.

Harapan ini juga dibarengi apresiasi publik pada komitmen pemerintah, khususnya dalam melayani kebutuhan masyarakat di berbagai sektor. Lebih dari 60 persen publik menganggap tiap penyelenggara pelayanan publik tetap berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas selama masa wabah Covid-19 ini.

Editor:
susanarita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000