logo Kompas.id
UtamaKepercayaan Publik Menjadi...
Iklan

Kepercayaan Publik Menjadi Modal KPU

Oleh
Yohan Wahyu/ Litbang Kompas
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yScM8bHU-Z7G3s1Xk9TY_bNEurc=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111_ENGLISH-TAJUK-1_A_web_1547217415.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Sosialisasi Pemilu 2019 terus dilakukan melalui berbagai media termasuk memasang papan spanduk seperti di lapangan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/1/2019).

Munculnya kasus-kasus pemilu yang menyorot kinerja Komisi Pemilihan Umum tidak serta-merta menggerus kepercayaan publik terhadap lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Memperkuat relasi yang baik antara KPU dan publik mesti menjadi agenda untuk menjaga kualitas pemilu.

Hal itu menjadi intisari temuan jajak pendapat Kompas pada pekan lalu yang merespons kasus-kasus yang terjadi dalam sebulan terakhir, khususnya terkait pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019. Secara umum, publik tak mudah terpancing oleh isu-isu yang menjadikan KPU sebagai pihak yang paling disorot dalam kasus-kasus itu. Meski demikian, harus diakui, tidak sedikit masyarakat yang meyakini sorotan-sorotan negatif terhadap lembaga penyelenggara pemilu itu benar adanya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000