Dorong Ekspor Produk Indonesia, Pelayaran Jakarta-Los Angeles Lebih Cepat
Oleh
Ayu Pratiwi
·2 menit baca
LOS ANGELES, SELASA — Ekspor produk Indonesia ke Amerika Serikat diharapkan dapat meningkat berkat layanan pelayaran langsung antara pelabuhan di Jakarta dan Los Angeles bernama Columbus JAX. Jalur yang diluncurkan pada April 2017 itu berhasil menurunkan waktu tempuh pelayaran menjadi 23 hari atau tujuh hari lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
Dua tahun ini ada 300.000 unit ekuivalen dua puluh kaki (TEUs) produk Indonesia yang dikirim dari Jakarta ke Los Angeles berkat layanan Columbus JAX. Beberapa produk itu adalah makanan dan minuman, pakaian, dan elektronik.
”Peningkatan konektivitas hubungan dagang Indonesia-Amerika Serikat merupakan bentuk kolaborasi pihak swasta, pelabuhan, dan pemerintah. Hal ini diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan ekspor produk Indonesia ke AS melalui Los Angeles,” kata Konsul Jenderal RI di Los Angeles Saud P Krisnawan, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas, Selasa (2/4/2019).
Layanan Columbus JAX dikelola dengan kerja sama antara PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II), Pelabuhan Los Angeles, dan perusahaan pelayaran CMA CGM. Jarak antara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan Los Angeles lebih dari 14.000 kilometer.
Wakil Presiden Penjualan Kawasan Barat CMA CGM Brad Metts, melalui video promosi, menyatakan, layanan Columbus JAX itu dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara dan memberikan mereka akses terhadap pasar AS. Kapal yang dikelola CMA CGM itu tiba di Los Angeles dari Asia setiap minggu.
Pada 29 Maret 2019, Konsulat Jenderal RI Los Angeles menggelar acara penyerahan apresiasi bertajuk Primaduta Award terhadap pembeli produk ekspor Indonesia. Penghargaan itu diberikan oleh Pemerintah Indonesia guna membangun loyalitas dan jejaring kerja yang kuat antara eksportir Indonesia dan pembelinya.
Tahun ini, Primaduta Award diraih oleh importir produk makanan dan minuman Jans Enterprises Corporation. Perusahaan asal AS itu dipandang memiliki kreativitas dalam memasarkan produk Indonesia ke pasar AS.