logo Kompas.id
UtamaOmbudsman: Pelayanan Pemda...
Iklan

Ombudsman: Pelayanan Pemda Paling Banyak Diadukan

Pemerintah daerah berada di peringkat teratas dengan jumlah laporan masyarakat sebanyak 16.687 laporan atau sebesar 41,69 persen dari total laporan sebanyak 40.027 laporan. Pelayanan yang banyak dikeluhkan seputar pengurusan KTP elektronik, akta kelahiran, dan kartu keluarga.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7EBFZxuKe5TMeG_3W2crX1q4-ds=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F20190320_ENGLISH-ANALISIS-POLITIK_B_web_1553087401.jpg
KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI

Ilustrasi: Ratusan warga antre mengurus KTP elektronik di Kantor Dispendukcapil Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (27/12/2018). Pelayanan publik oleh pemerintah daerah paling banyak dikeluhkan masyarakat, antara 2014-2019. Salah satunya terkait pengurusan KTP elektronik.

JAKARTA, KOMPAS – Pemerintah daerah menjadi instansi yang paling banyak dikeluhkan masyarakat karena mutu pelayanannya. Ombudsman RI meminta Kementerian Dalam Negeri memberi atensi terhadap persoalan ini. Lebih khusus, instansi yang mengabaikan rekomendasi Ombudsman RI.

Berdasarkan data Ombudsman RI yang dipaparkan di Jakarta, Selasa (30/7/2019), selama periode 2014-2019 ada sebanyak 40.027 laporan masyarakat yang mengeluhkan pelayanan publik oleh pemerintah, kepolisian, dan badan usaha milik negara atau daerah.

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000