Tanya Jawab

Apa itu Kompas.id?
Kompas.id merupakan sebuah laman berita yang menyajikan informasi berkualitas dan dipadukan dengan layanan belanja daring di bawah naungan PT. Kompas Media Nusantara. Kompas.id diharapkan dapat melengkapi kehadiran harian Kompas di masyarakat.

Apa yang ditawarkan Kompas.id?
Kompas.id menyajikan berita khas harian Kompas yang terbit setiap hari. Selain membaca berita, di Kompas.id, pembaca dapat berlangganan, mendapatkan informasi tentang perusahaan, hingga membeli buku dan cenderamata Kompas dalam pengalaman yang terintegrasi.

Apa bedanya dengan Kompas.com?
Kompas.id menyajikan berita berkualitas yang terbit di harian Kompas setiap harinya dalam platform digital, sedangkan Kompas.com merupakan portal berita online yang menyajikan berita dengan pemutakhiran terkini. Kompas.id dikelola oleh PT. Kompas Media Nusantara yang juga bertindak sebagai penerbit Harian Kompas, sedangkan Kompas.com dikelola oleh PT. Kompas Cyber Media.

Apa saja yang bisa saya dapatkan di Kompas.id?
Harian Kompas terus berinovasi dalam menyajikan jurnalistik yang berkualitas. Di Kompas.id Anda akan menemukan sajian jurnalistik kami yang dikemas dalam bentuk digital ala harian Kompas. Di dalam paket Kompas Digital Dasar Anda akan mendapatkan:

  • Koran elektronik (e-koran)
    Bentuk digital dari Kompas cetak, Anda dapat membaca berita Kompas layaknya seperti membolak-balik halaman Kompas cetak.
  • Terbaru
    Reportase singkat dan terkini dari wartawan harian Kompas atas suatu peristiwa. Versi lengkap dari artikel ini dimuat di Kompas edisi cetak dan e-koran.
  • Reportase Langsung
    Laporan langsung (live reporting) wartawan harian Kompas dari lokasi kejadian peristiwa terkini. Laporan disajikan secara berkelanjutan, diperkaya tidak hanya dengan teks, tetapi juga foto, klip video, infografik, dan tren media sosial.
  • Siaran Langsung
    Siaran langsung (live streaming) pertunjukan seni atau peristiwa budaya dari Bentara Budaya Jakarta, Bentara Budaya.
  • Tutur Visual
    Liputan khas dalam format magazine. Memaparkan sebuah persoalan secara mendalam dan komprehensif dengan pendekatan multimedia (dilengkapi sejumlah foto, video, infografik, dan elemen multimedia lainnya).
  • Suara Kompas
    Video Tajuk Rencana (editorial) harian Kompas yang terbit pada hari yang sama.
  • Editor’s Choice
    Artikel pilihan editor yang disajikan dalam bahasa Inggris.
  • Datagrafik
    Infografik interaktif yang digali dari kekayaan Litbang Kompas. Diangkat sesuai tema/isu yang sedang hangat.
  • Fotostory
    Foto-foto terbaik Kompas yang disajikan dengan pendekatan story telling (berkisah). Foto-foto yang ditampilkan adalah hasil kurasi yang dilakukan secara cermat.

Jika Anda berlangganan paket Kompas Digital Lengkap, maka Anda akan mendapat tambahan fitur:

  • Topik Utama:
    Artikel baru hasil pengembangan secara komprehensif dari headline atau isu menarik/penting pada hari yang sama. Artikel dikembangkan dengan berbagai perspektif, misalnya isu (politik, ekonomi, budaya, dsb), region (lokal, global), dan arsip, serta tren media sosial.
  • Di Balik Berita
    Kisah di balik layar dari liputan eksklusif atau liputan dengan tingkat kesulitan tinggi. Menggambarkan proses jurnalisme Harian Kompas.
  • Riset
    Sebuah rubrik berisi artikel-artikel dengan pendekatan jurnalistik presisi yang didisain dari hasil penelitian atau kajian untuk mengungkap fenomena sosial ekonomi yang sedang mengemuka atau menjadi isu pemberitaan. Dalam Rubrik Riset, artikel dikelompokkan dalam 5 kategori sub rubrik: Opini Publik, Populer, Indikator, Pantau Media dan Telaah.

    • Opini Publik
      Artikel ini menguraikan hasil survei opini publik terkait isu-isu pemberitaan yang sedang aktual. Isu yang diangkat adalah persoalan yang menjadi pro kontra yang terait dengan masalah publik baik peristiwa sosial, politik, hukum, ekonomi, budaya maupun lingkungan maupun kebijakan pemerintah yang akan dan sedang dilakukan. Analisis atas opini publik dilakukan untuk memperjelas persoalan
    • Populer
      Berisi artikel analisis yang mengungkap fenomena gaya hidup yang sedang tren di masyarakat dari hasil survei primer. Tulisan akan mengupas fenomena gaya hidup dari berbagai latar belakang karakteristik kelas sosial, ekonomi maupun budaya.
    • Indikator
      Artikel hasil penelitian yang terkait dengan besaran kuantitatif suatu fenomena sosial ekonomi berdasarkan ukuran tertentu seperti perkembangan indikator wilayah, lembaga atau fakta tertentu. Dasar analisis adalah data sekunder (indeks). Bagaimana daerah dibandingkan dengan daerah lainnya? Mengapa daerah lebih tinggi indikator sosial dibandingkan yang lain?
    • Pantau Media
      Tulisan berisi tentang analisis yang terkait dengan perkembangan isu pemberitaan di berbagai media, perilaku bermedia dan industri media. Gejala merebaknya konten media sosial dan perkembangan media sendiri adalah salah satu contoh.
    • Telaah
      Fakta sosial ekonomi yang menjadi tren pemberitaan seringkali menyisakan berbagai pertanyaan: Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana prosesnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diurai secara mendalam di rubrik ini. Basisnya adalah riset atau kajian.Riset
      Sebuah rubrik berisi artikel-artikel dengan pendekatan jurnalistik presisi yang didisain dari hasil penelitian atau kajian untuk mengungkap fenomena sosial ekonomi yang sedang mengemuka atau menjadi isu pemberitaan. Dalam Rubrik Riset, artikel dikelompokkan dalam 5 kategori sub rubrik: Opini Publik, Populer, Indikator, Pantau Media dan Telaah.

Apakah saya dapat membuka arsip Kompas hingga tahun 1965 di Kompas.id?
Di Kompas.id Anda hanya dapat membaca artikel dan koran elektronik Kompas sampai dengan 30 hari ke belakang. Selebihnya Anda harus berlangganan Kompasdata.id untuk membaca arsip Kompas hingga tahun 1965.

Saya sudah membuka Kompas.id, tetapi mengapa saya tidak bisa membuka seluruh isi berita tersebut?
Anda harus berlangganan untuk mengakses seluruh isi berita dan fitur-fitur andalan di Kompas.id

Bagaimana saya bisa mendapatkan akses Kompas.id?
Anda harus berlangganan apabila ingin mendapatkan seluruh akses berita yang disajikan di Kompas.id

Saya belum menjadi pelanggan, bagaimana cara berlangganan?
Anda bisa mendaftar melalui website ini dengan klik tombol Gerai Kompas atau bisa menghubungi Layanan Pelanggan harian Kompas melalui email di [email protected] atau telepon di nomor 021 2567 6000 atau hubungi via Whatsapp di nomor 0812 900 50 800.

Apakah saya bisa membaca berita edisi sebelumnya atau tanggal sebelumnya di Kompas.id?
Apabila Anda berlangganan Kompas.id, tentu saja Anda bisa membaca berita edisi sebelumnya.

Apakah aman memasukkan data diri saya di Kompas.id?
Kami menjamin kerahasiaan data diri Anda di Kompas.id. Data diri yang Anda masukkan tidak akan digunakan oleh pihak lain di luar PT. Kompas Media Nusantara.

Mengapa harian Kompas masih membutuhkan situs Kompas.id?
Di tengah perkembangan industri media yang kian dinamis belakangan ini, Kompas.id hadir sebagai sebuah platform yang melengkapi kehadiran harian Kompas. Semua berita yang dimuat di Kompas.id merupakan berita-berita yang juga diterbitkan di harian Kompas. Kami percaya sesuatu yang terbaik akan terus berinovasi untuk menjadi lebih baik. Kompas.id merupakan sebuah “langkah kecil” ditengah semangat besar kami untuk menyajikan informasi berkualitas bagi Indonesia dan dunia.

Saya menemukan kejanggalan di Kompas.id. Ke manakah saya bisa memberi masukan?
Kami sangat terbuka untuk masukkan membangun dari Anda, agar Kompas.id dapat terus berinovasi memberikan layanan terbaik. Apabila Anda menemukan kejanggalan di Kompas.id, Anda bisa menghubungi Layanan Pelanggan harian Kompas melalui surel ke [email protected] atau telepon ke 021 25676000 atau Whatssapp ke 0812 900 50 800 pada jam kerja.

TENTANG BERLANGGANAN

  1. Berlangganan Kompas Cetak
    • Bagaimana caranya berlangganan koran cetak?
      Anda dapat membuka Kompas.id/gerai, dan memilih paket langganan sesuai kemauan Anda. Atau Anda dapat menghubungi:

      • Loper / agen Kompas terdekat
      • Kantor Sirkulasi Kompas di kota Anda (Lihat daftarnya di sini).
      • Layanan Pelanggan Kompas (021) 2567.6000 , surel : [email protected], Whatsapp : 0812 900 50 800 pada jam kerja.
    • Bagaimana caranya membayar biaya langganan koran cetak?
      Terdapat berbagai pilihan dalam transaksi berlangganan Kompas, baik secara langsung kepada loper/agen Kompas, maupun pembayaran dengan cara transfer/ memakai kartu kredit di Kompas.id/gerai.
    • Apakah saya dapat menerima koran cetak keesokan hari setelah memesan?
      Koran dapat diterima pelanggan setelah adanya konfirmasi penyaluran pelanggan kepada agen terkait dengan keterangan sebagai berikut:

      • Paket Kompas (tanpa produk lain) : Pengiriman dilakukan H + 3 pada hari kerja
      • Paket Kompas + majalah/tabloid/koran non-Kompas : Koran Kompas, koran & tabloid Non-Kompas akan dikirimkan di awal bulan. Majalah non-Kompas akan di kirimkan setelah 1 (satu) bulan pengiriman paket berlangganan berjalan (atau di bulan ke – 2).
    • Pukul berapa biasanya koran dikirim?
      Pukul 06.00 waktu setempat untuk wilayah dalam jangkauan percetakan daerah terdekat, maupun waktu tertentu yang akan diiinformasikan oleh Agen, Petugas, Layanan Pelanggan Kompas pada saat akan dimulainya berlangganan
    • Apakah saya dapat mengirimkan koran cetak ke alamat lain (bukan alamat rumah saya)?
      Anda dapat mengalihkan alamat pengiriman koran dengan memberitahu Agen Kompas maupun Layanan Pelanggan Kompas
    • Bagaimana jika koran saya tidak terkirim, rusak, basah, telat, dan sebagainya?
      Anda dapat melakukan komplain terhadap loper / agen terkait maupun ke Layanan Pelanggan Kompas untuk diambil tindakan secepatnya.
    • Bagaimana jika saya ingin memberhentikan sementara koran saya karena saya sedang di luar kota?
      Anda dapat memberitahu loper / agen Kompas maupun kontak ke Layanan Pelanggan Kompas untuk dilakukan pemberhentian sementara dan permulaan kembali pengiriman korannya.
    • Bagaimana jika saya ingin mengganti alamat pengiriman koran?
      Anda dapat memberitahu loper / agen Kompas maupun kontak ke Layanan Pelanggan Kompas dengan memberikan informasi kontak dan alamat yang terbaru.
    • Bagaimana jika saya ingin membatalkan langganan saya?
      Berlangganan hanya dapat dibatalkan karena alasan teknis (jaringan, layanan, dll) dan dapat diterima oleh Kompas dengan memberikan informasi terlebih dahulu melalui Layanan Pelanggan Kompas. Untuk majalah/koran non-Kompas hanya bisa dibatalkan di awal bulan saja, tidak bisa berhenti di pertengahan bulan. Perhitungan & waktu pengembalian dana akan disampaikan setelah adanya penyelesaian administrasi.
    • Apakah ada program langganan Kompas cetak untuk grup atau perusahaan?
      Ya, kami memiliki program langganan Kompas cetak untuk grup atau perusahaan. Silakan hubungi Layanan Pelanggan Kompas (021) 2567.6000 , surel : [email protected], Whatsapp : 0812 900 50 800 pada jam kerja.

2. Berlangganan Kompas.id

  • Bagaimana cara berlangganan Kompas.id?
    Anda dapat membuka Kompas.id/gerai, dan memilih paket langganan sesuai kemauan Anda. Selain itu Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan Kompas melalui email di [email protected] atau telepon di nomor (021) 2567 6000 atau hubungi melalui Whatsapp di nomor 0812 900 50 800 pada hari kerja di jam 07.00-18.00 WIB
  • Bagaimana cara membayar langganan Kompas.id?
    Saat ini kami menyediakan 2 macam cara pembayaran, yaitu transfer rekening dan memakai kartu kredit.
  • Apakah saya dapat berlangganan Kompas.id saja tanpa koran cetak?
    Ya, Anda dapat berlangganan Kompas.id saja tanpa koran cetak. Silakan pilih paket ‘Kompas Digital Lengkap’ atau ‘Kompas Digital Dasar’ atau ‘Kompas 3 Rubrik’.
  • Apa itu Kompas Digital Dasar?
    Paket Kompas Digital Dasar adalah paket berlangganan Kompas.id meliputi koran elektronik (e-koran) Kompas dan semua berita di Kompas.id (kecuali Topik Utama, Di Balik Berita, dan Riset).
  • Apa itu Kompas Digital Lengkap?
    Paket Kompas Digital Lengkap adalah paket berlangganan Kompas.id meliputi koran elektronik (e-koran) Kompas dan semua berita di Kompas.id, termasuk Topik Utama, Di Balik Berita, dan Riset.
  • Apa itu Kompas 3 Rubrik?
    Paket Kompas 3 Rubrik adalah paket berlangganan Kompas.id yang dikhususkan bagi pembaca yang membaca berita Kompas hanya di beberapa rubrik tertentu, contohnya Polhuk, Ekonomi, Opini, Dikbud, Iptek, Nusantara, dan seterusnya. Pembaca dipersilakan memilih hingga 3 rubrik.
  • Apakah saya dapat sewaktu-waktu mengubah pilihan rubrik di Paket Kompas 3 Rubrik?
    Tidak, Anda tidak bisa mengubah pilihan rubrik di Paket Kompas 3 Rubrik. Silakan ganti rubrik pilihan Anda di langganan yang baru.
  • Bagaimana jika saya tidak dapat membuka Kompas.id?
    Anda bisa menghubungi Layanan Pelanggan harian Kompas melalui surel ke [email protected] atau telepon ke 021 25676000 atau Whatssapp ke 0812 900 50 800 pada jam kerja.
  • Apakah saya dapat mengganti atau membatalkan paket langganan saya sewaktu-waktu?
    Paket langganan tidak diperkenankan untuk diubah selama masa periode masih berlangsung. Anda diharapkan membaca informasi /lainnya terkait paket langganan sebelum melakukan pemesanan langganan.
    Apakah ada program langganan Kompas.id untuk grup atau perusahaan?
    Ya, kami memiliki program langganan Kompas.id untuk grup atau perusahaan. Silakan hubungi Layanan Pelanggan Kompas (021) 2567.6000 , surel : [email protected], Whatsapp : 0812 900 50 800 pada jam kerja

3. Berlangganan Kompas Cetak dan Kompas.id

  • Apakah saya dapat berlangganan Kompas cetak dan Kompas.id secara bersamaan?
    Ya, Anda dapat berlangganan Kompas cetak dan Kompas.id secara bersamaan.
  • Bagaimana caranya saya dapat berlangganan Kompas cetak dan Kompas.id secara bersamaan?
    Anda dapat membuka Kompas.id/gerai, dan memilih paket langganan sesuai kemauan Anda. Atau Anda dapat menghubung Layanan Pelanggan Kompas (021) 2567.6000 , surel : [email protected], Whatsapp : 0812 900 50 800 pada jam kerja.
  • Bagaimana cara membayar langganan Kompas cetak dan Kompas.id?
    Saat ini kami menyediakan 2 macam cara pembayaran, yaitu transfer rekening dan memakai kartu kredit.
  • Apakah saya dapat mengirimkan koran cetak ke alamat lain (bukan alamat rumah saya)?
    Anda dapat mengalihkan alamat pengiriman koran dengan memberitahu Agen Kompas maupun Layanan Pelanggan Kompas
  • Bagaimana jika koran saya tidak terkirim, rusak, basah, telat, dan sebagainya?
    Anda dapat melakukan komplain terhadap loper / agen terkait maupun ke Layanan Pelanggan Kompas untuk diambil tindakan secepatnya.
  • Bagaimana jika saya ingin memberhentikan sementara koran saya karena saya sedang di luar kota?
    Anda dapat memberitahu loper / agen Kompas maupun kontak ke Layanan Pelanggan Kompas untuk dilakukan pemberhentian sementara dan permulaan kembali pengiriman korannya.
  • Bagaimana jika saya ingin mengganti alamat pengiriman koran?
    Anda dapat memberitahu loper / agen Kompas maupun kontak ke Layanan Pelanggan Kompas dengan memberikan informasi kontak dan alamat yang terbaru.
  • Apakah saya dapat mengganti atau membatalkan paket langganan saya sewaktu-waktu?
    Paket langganan tidak diperkenankan untuk diubah selama masa periode masih berlangsung. Anda diharapkan membaca informasi /lainnya terkait paket langganan sebelum melakukan pemesanan langganan.
  • Apakah ada program langganan Kompas cetak dan Kompas.id untuk grup atau perusahaan?
    Ya, kami memiliki program langganan Kompas.id untuk grup atau perusahaan. Silakan hubungi Layanan Pelanggan Kompas (021) 2567.6000 , surel : [email protected], Whatsapp : 0812 900 50 800 pada jam kerja.