JAKARTA, KOMPAS - Pembaruan sistem tiket elektronik kereta listrik commuter line (KRL) telah selesai Senin (23/7/2018) sekitar pukul 12.00 WIB. Sistem baru ini menolak beberapa kartu elektronik edisi lama. Akibatnya, beberapa warga harus menunggu penggantian kartu atau membeli tiket elektronik baru.
"Kartu saya tidak bisa terbaca di mesin, katanya edisi lama. Jadi saya beli tiket harian karena mau beli kartu begini lagi kan puluhan ribu," kata Rasmina pengguna kartu Flazz BCA di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.
Menurut Azis, salah satu pegawai PT KCI, kartu edisi lama cipnya berbentuk segi empat, sedangkan yang lama agak bundar.
Tidak hanya pengguna kartu elektronik dari bank, tapi pengguna kartu elektronik dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga masih ada yang ditolak. Hardini (52) misalnya.
"Kartu saya diganti ke edisi yang baru tanpa bayar lagi, tapi harus lama berdiri menunggu. Saya harus menunggu sekitar setengah jam," kata Hardini.
Masih Gunakan Tiket Manual
Budiman (53) masih memanggil petugas untuk membukakannya akses masuk di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, karena dia masih menggunakan tiket manual yang telah dibeli tadi pagi, Senin (23/7/2018).Masih Gunakan Tiket Manual
Beberapa penumpang di Stasiun Manggarai juga masih menggunakan tiket manual. Mereka membeli dari tadi pagi saat mengantri pertama.
Pengguna tiket manual akan dibukakan pintu pada mesin tap oleh petugas. Tiket manualnya lalu dirobek lalu dikembalikan ke penumpang. Itu sebagai tiket dia keluar saat tiba di stasiun tujuan.
"Tadi pagi sekalian beli dua, capek mengantre. Saya kira tiket elektronik belum berfungsi hingga jam pulang kerja," kata Budiman (53) yang akan menuju Stasiun Bekasi. (SITA NURAZMI MAKHRUFAH).